5 Hal yang Saya Pelajari Setelah Setahun Bekerja di Organisasi Non-Profit

 

Tiada perjalanan tanpa sebuah kesan.

Sebelum tahun 2017 ditutup dan menjadi kenangan, izinkanlah saya membagikan sedikit  kesan dari perjalanan yang saya lalui sepanjang tahun ini: tentang suka dan duka, juga tentang pengalaman mendedikasikan diri bekerja sekaligus melayani di sebuah organisasi non-profit.

Di awal Januari 2017, saat banyak orang mengawali tahun dengan pikiran optimis, saya malah sebaliknya. Saya pesimis dengan 2017 karena merasa salah langkah dengan memilih bekerja di sebuah organisasi non-profit. Pesimisme ini tak hanya muncul di otak, tapi juga menjalar hingga ke tangan. Sebagai seorang content-developer yang kesehariannya tak lepas dari tulisan, jari-jari saya menjadi kaku. Seberapa pun ide cemerlang muncul di otak, ketika jari-jari mulai menyentuh papan ketik, ide itu seketika lenyap.

Sebagai seorang lulusan Jurnalistik, kadang saya merasa minder dengan teman-teman yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Mereka terlihat keren, hidupnya berguna, sekali sebut nama tempat kerja mereka, orang-orang langsung tahu. Tanpa saya sadari, rasa minder ini membuat situasi semakin keruh. Saya makin tidak puas dengan pekerjaan saya dan setiap bulannya pun target tak pernah tercapai, padahal selama masa percobaan kerja yang berlangsung satu semester, jika tidak ada kinerja positif yang saya lakukan, maka kantor tidak akan mengangkat saya menjadi pegawai tetap.

Selama masa-masa inilah saya berjuang untuk dua hal: menjadi betah dan menikmati pekerjaan. Dan, singkat cerita, masa-masa kelam tersebut pun usai. Setelah waktu berlalu dan berbagai pengalaman terjadi, akhirnya saya bisa menikmati pekerjaan sekarang tanpa merasa lagi minder dengan pilihan karier yang diambil oleh orang lain. Oleh karena itu, inilah sekelumit hal-hal yang ingin saya bagikan kepadamu tentang suka duka dan tantangan dari bekerja di sebuah organisasi non-profit.

1. Bekerja di organisasi non-profit mungkin tidak sekeren bekerja di perusahaan ternama. Tapi, ada pengalaman yang bisa digali di sini

Sewaktu masih minder dulu, saya selalu beranggapan bahwa bekerja di perusahaan besar lebih menjanjikan tantangan, apalagi bagi fresh graduate yang sedang semangat-semangatnya. Tapi, mindset tersebut tidak sepenuhnya benar. Tantangan itu ada dan bisa dicari di mana-mana. Masalahnya adalah perkara hati. Selama bulan-bulan awal bekerja, saya terlanjur menutup hati dan menganggap pekerjaan saya saat ini adalah salah langkah. Ketika hati ini tertutup, maka mata saya pun menjadi buta, tak mampu lagi melihat hal-hal positif yang sejatinya bisa saya temukan di sekeliling.

Biasanya di organisasi non-profit karyawannya tidak terlalu banyak karena secara budget memang organisasi ini terbatas. Akibatnya, satu jabatan kerja biasanya tidak melulu berkutat di satu hal saja, ada hal-hal lain yang juga harus dikuasai.

Sebagai seorang content-developer yang mengelola sebuah situs pelayanan global, pekerjaan ini sesungguhnya sangat menantang. Di media mainstream, terdapat jabatan kerja berupa wartawan atau reporter yang bertugas sebagai pencari berita. Ada editor yang bertugas untuk mengedit setiap tulisan reporter. Ada Marcomm yang bertugas memasarkan media dan mencari pengiklan. Juga ada Humas yang bertugas menjalin relasi antara media dengan khalayak. Di tempat saya bekerja, semua jabatan tersebut dilebur menjadi satu dalam fungsi content-developer. Saya harus menulis artikel, mengedit artikel yang dikirimkan oleh banyak kontributor, membina relasi dan mengenalkan media kepada publik, juga melakukan penerjemahan dari bahasa Inggris ke Indonesia juga sebaliknya.

Beberapa tanggung jawab yang saya emban inilah yang merupakan tantangan sekaligus latihan untuk memperbesar kapasitas diri.

2. Bekerja di organisasi non-profit memberikan saya kesempatan untuk bermitra dengan orang-orang dari berbeda negara

Sebagai sebuah organisasi non-profit berbasis religi yang telah berdiri sejak tahun 1938, organisasi tempat saya bekerja memiliki kantor cabang di lebih dari 35 negara di seluruh dunia. Karena sifat globalnya inilah pekerjaan yang dilakukan sehari-hari, walau hanya duduk di depan laptop, tapi selalu terkoneksi dengan orang-orang di luar negeri.

Sebagai content-developer untuk situs berbahasa Indonesia, saya bermitra bersama rekan-rekan content-developer lainnya yang mengelola situs berbahasa Inggris, Mandarin Sederhana, Mandarin Tradisional, dan bahasa Thailand. Masing-masing kami tinggal di negara yang berbeda. Jadi, setiap dua minggu sekali kami mengadakan rapat online menggunakan Google Hangout.

Selain itu, karena atasan dan bos saya adalah orang Singapura yang tak bisa berbahasa Melayu, maka otomatis semua komunikasi, baik oral maupun verbal dilakukan dalam bahasa Inggris. Terakhir kali saya les bahasa Inggris secara formal adalah waktu kelas III SD dulu, sudah lupa semuanya! Tapi, puji syukur karena dengan pengalaman berkawan dengan teman-teman luar negeri sewaktu di Yogyakarta dulu membuat saya setidaknya bisa berbahasa Inggris secara lisan dengan lancar. 

Bekerja dengan orang dari negara yang berbeda itu menyajikan tantangan tersendiri. Saya jadi tahu bagaimana persepsi orang luar negeri—yang secara budaya dan etos kerja berbeda—terhadap orang Indonesia, khususnya diri saya sendiri. Dari orang-orang Singapura yang terkenal ketat dengan waktu, saya belajar tentang bagaimana memaksimalkan setiap detik yang ada. Saat mengadakan rapat tahunan di Singapura pada Oktober 2017 lalu, kami membahas program kerja dan tema setahun penuh dalam waktu 8 jam, di mana hampir 90% waktu tersebut adalah diskusi serius.

3. Bekerja di organisasi non-profit, memberikan saya kesempatan untuk mengasah passion dan mengembangkan kapasitas diri

Sebagai orang yang suka keluyuran dan pernah bekerja selama dua tahun menjadi staf promosi universitas, pekerjaan duduk serius di depan laptop terasa sangat membosankan, dan sepertinya sama sekali bukan passion saya. Namun, di tengah rasa jenuh tersebut, mbakyu saya dari Jogja memberi nasihat:

“Petualangan itu gak harus di jalan. Di depan laptop, di dalam kata-kata yang kamu edit dan tulis pun pasti ada petualangannya, tapi itu kalau kamu mau cari.”

Nasihat sederhana itu membuat saya berpikir keras. Betul juga. Selama ini, saya selalu mengartikan petualangan hanya dengan jalan-jalan. Padahal, petualangan adalah sebuah perjalanan menjelajah kehidupan, tak melulu soal jalanan dan jalan-jalan.

Selama setahun ini, saya diajar untuk menjadi seorang editor yang peka dan berwawasan luas. Jika dulu di awal kerja saya selalu kelabakan setiap kali ada tulisan masuk, sekarang saya bisa menyikapinya dengan lebih tenang. Mengedit tulisan pun menjadi sebuah kenikmatan tersendiri walau diselingi rasa pusing tujuh keliling. Ada rasa syukur yang meluap ketika si penulis merasa puas dengan hasil editan yang saya lakukan. Dan, ada sukacita tak terkatakan ketika tulisan yang telah ditayangkan ternyata direspons dengan sangat baik oleh para pembaca.

Selain itu, karena hari Sabtu dan Minggu kantor libur, saya bisa gunakan dua hari ini untuk menjelalah dan mengobarkan passion. Dengan kereta api ekonomi subsidi, saya pergi ke kota-kota di Jawa, menelusuri tempat baru, berjejaring dengan blogger, dan menuliskan tulisan-tulisan dari perjalanan tersebut di buku harian juga di blog ini.

4. Bekerja di organisasi non-profit mengajari saya untuk bijak mengelola uang

Sebagai karyawan baru, gaji yang didapatkan setiap bulan dari bekerja di organisasi non-profit mungkin tidaklah spektakuler, tapi tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, plus juga untuk menabung. Sewaktu diajak oleh rekan seangkatan kuliah untuk hang out ke mal, saya pernah merasa minder. Dalam kurun waktu setahun, mereka berubah banyak. Penampilan jadi lebih kece, juga dompet yang lebih gendut. Sempat terbersit rasa minder. Tapi, saya sadar kalau rasa minder yang terus dipelihara tidak akan menjadikan saya lebih baik. Yang ada malah semakin merasa tidak berdaya, dan ujung-ujungnya tidak akan berkarya apa pun, cuma nyinyir saja. 

Alih-alih mengeluh dan merasa silau dengan gaji orang lain yang lebih besar, saya belajar untuk bersyukur. Dengan jumlah pemasukan yang tak spektakuler inilah saya jadi belajar untuk mengelola keuangan dengan bijak dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Contoh, saya tidak mungkin bepergian menggunakan pesawat ataupun kereta api kelas eksekutif. Jika dicoba, maka bisa tekor uang untuk satu bulan. Jadi, jika bepergian, saya memilih naik kereta ekonomi subsidi yang secara harga masih murah. Jika kenyamanan tak mampu di raih, maka saya memilih untuk menggali pengalaman. Dari kereta ekonomi inilah akhirnya saya mendapatkan pengalaman hidup. Ketika penumpang yang duduk di depan atau sebelah saya mengajak ngobrol, di situlah sharing pengalaman hidup terjadi, dan secara tidak langsung cerita-cerita mereka menjadi amunisi penyemangat untuk saya. Saya percaya bahwa dalam hidup ini ada hal-hal yang nilainya tak terukur dengan uang yang dapat kita gali.

Selain itu, dari sini jugalah saya jadi belajar untuk lebih berkarya. Dan, puji syukur karena di akhir tahun ini ada salah satu karya saya yang dihargai dengan nominal rupiah. Mungkin jumlahnya tidak besar, tapi saya percaya bahwa yang namanya proses kehidupan itu tidak instan. Bahkan mie instan pun tidak sungguh-sungguh instan toh, kita tetap perlu merebusnya dulu. 

5. Bekerja tidak melulu bicara tempat. Di manapun kita bekerja, hendaklah kita setia

Poin terakhir, menutup tulisan ini, saya ingin mengatakan bahwa jika saat ini kita memiliki pekerjaan, tentu ini adalah hal yang patut kita syukuri. Tak peduli di manapun kita bekerja, pekerjaan itu harus kita lakukan dengan cerdas, tekun, dan setia. Jika tiga hal ini tidak ada dalam diri kita, maka sulit bagi kita untuk mengembangkan kapasitas diri. Bagaimanakah kita dapat menuntut pihak luar untuk memberi lebih pada kita jika dalam diri sendiri masih ogah untuk berbenah?

Saya teringat akan ucapan seorang kawan saat kami bertemu untuk makan bersama. “Jangan pernah meludahi sumur yang memberi lo minum.” Kutipan ini menohok. Tak jarang saya mendengar teman-teman yang mengeluh tentang pekerjaannya, dan tak berhenti di situ, keluhan itu berubah jadi caci maki dan hujatan akan tempatnya bekerja. Hal-hal menyebalkan memang tidak pernah terhindarkan, jika mau digali, tidak ada tempat kerja yang sempurna. Ada suka dan ada dukanya. Tapi, apapun dukanya, kedewasaan sikap akan mencegah kita dari merespons duka nestapa tersebut dengan semena-mena.

Akhir kata. Selamat bekerja, kawan.
Setiap orang memiliki jalan ceritanya masing-masing dan semoga kita menikmatinya. Teruntuk kamu yang sedang bekerja, kiranya pekerjaanmu mengisi dompet dan jiwamu dengan sukacita dan kedamaian. Teruntuk kamu yang sedang bergumul mencari pekerjaan, kiranya penantianmu tidak diisi dengan sedih dan gusar, serahkanlah kekhawatiranmu kepada-Nya sebab Ia yang memelihara kamu. 

“Mari kita fokus bekerja keras, cerdas, tuntas, dan ikhlas. Ada-tidak ada penghargaan tidak harus selalu jadi tujuan.” @ridwankamil

 

29 pemikiran pada “5 Hal yang Saya Pelajari Setelah Setahun Bekerja di Organisasi Non-Profit

  1. Malam kak, saya Vicky dari Semarang. Saya ingin tanya, apakah kakak punya info atau narasumber tentang cara mendirikan organisasi non-profit? Terima kasih kak. Sukses selalu.

  2. Hal-hal yang berfaedah yaa kak. Tahun lalu saya juga sempat mengembangkan organisasi non profit untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas. Hanya saja foundernya menyerah karena desakan orangtua yang lebih memilih anaknya untuk kerja kantoran dibanding menjadi sociopreneur.

    Intinya bahagia itu memang sederhana, kita bisa bersyukur dengan apa yang kita punya. Sampai sekarang pun aku juga selalu menerapkan kutipan dari Ridwan Kamil untuk bekerja sesuai passion hidup kita niscaya hidup lebih bahagia*

  3. salam kenal mas,
    tadi iseng googling “pengalaman kerja di Singapura”, lalu baca2 cerita jalan ke tanah Sumatera yg ternyat lewati kampung halaman saya . Terus berakhir di postingan . Nice posting, saya paling suka kata dibawah ini…

    Pada akhirnya, setelah saya mengubah mindset, pekerjaan ini ternyata menyenangkan. Hanya, ketika saya masih silau dengan pencapaian orang lain, saya jadi sulit untuk menikmati dan menekuni pekerjaan sendiri :))…

    Jadi ingin rasanya nulis blog lagi, blogger saya dulu saya hapus krn suatu hal..sekrg mau coba di wordpress hehe

  4. sangat membuka wawasan mas, karena tak semuanya diukur dengan seberapa besar income/gaji yang kita dapatkan, melainkan seberapa besar pengalaman yang diperoleh dan senyaman apa.

  5. tulisan yg bagus, sy jadi merasa terbawa dalam kisah aslinya. Menurut sy pekerjaan sbg content developer yg ditekuni skrng sangat keren, mengapa? karena bisa terkoneksi dgn bnyk org dr latar dan bahasa berbeda. jadi kt bsa tahu watak mereka bagaimana. ditambah lagi bisa belajar banyak bahasa merupakan hal yang hebat menurut sy

    1. Wah, terima kasih atas apresiasinya mas :))

      Betul. Pada akhirnya, setelah saya mengubah mindset, pekerjaan ini ternyata menyenangkan. Hanya, ketika saya masih silau dengan pencapaian orang lain, saya jadi sulit untuk menikmati dan menekuni pekerjaan sendiri :))

        1. Hahahaha.
          Gak juga kok mas. Masih cukup gagap dan lemot untuk memahami bahasa Inggris hehehe. Apalagi kalau lawan bicaranya ngomong tanpa jeda seperti kereta api, bisa pusing tujuh keliling nih aku.

  6. Quote Ridwa kamil perlu saya terapkn nih. Jujur kadang saya juga ngeluh jika tak dihargai, juga sering iri dengan profesi lain. Tapi saya sdar diri passion saya disini dan menikmati, toh jdi mereka saya juga blm tentu bisa..

    Bnyak pelajaran yg saya ambil dri tulisan mas, terima kasih 😊🙏

  7. bekerja selama kita senang, bahagia, mendapatkan pengalaman2 yang berharga membuat bekerja lebih menyenangkan dan bisa menghasilkan kinerja yang baik … dan yang penting hidup lebih sehat.
    daripada ngejar kerja di tempat keren .. gaji oke .. tapi tekanan stress tinggi .. lihat kantor aja sudah bikin mules .. haha .. curcol pengalaman pribadi .. ujung2nya pindah2 kerja terus

  8. because, sejatine, urip kui mung sawang sinawang, selamat menyongsong tahun baru 2018, eh nanti kalau diberi kesempatan, nonton opening ceremony asian games 2018 di jkt yuk…(salah satu impian tahun depan)

Tinggalkan komentar